Menyelesaikan Masalah sehari - hari dengan Konsep Fungsi Linear
Memprediksi suhu air yang dipanaskan pada waktu tertentu

Gambar : Siswa memanaskan air, mengamati waktu dan suhu dan mencatat dalam bentuk tabel
Modul Ajar: Memprediksi Suhu Air yang Dipanaskan
Modul Ajar: Memprediksi Suhu Air yang Dipanaskan
Daftar Isi
- A. Tujuan Pembelajaran
- B. Alat dan Bahan
- C. Langkah-Langkah Kegiatan
- D. Contoh Tabel Data
- E. Penutup
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan ini, siswa diharapkan dapat:
- Memahami hubungan antara waktu pemanasan dan kenaikan suhu air sebagai contoh fungsi linear.
- Menganalisis data percobaan pemanasan air dan menghubungkannya dengan konsep gradien dan persamaan garis.
- Menyimpulkan prediksi kenaikan suhu air berdasarkan grafik dan persamaan garis yang diperoleh dari data pengamatan.
B. Alat dan Bahan
- Spiritus sebagai sumber panas
- Stopwatch untuk mengukur waktu
- Gelas ukur untuk mengukur volume air
- Kaki tiga sebagai penyangga wadah pemanasan
- Air dengan volume 40 ml dan 60 ml
- Termometer untuk mengukur suhu air
C. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Menyiapkan Alat dan Bahan
Pastikan semua alat dan bahan telah disiapkan, termasuk air dalam gelas ukur (40 ml dan 60 ml).
2. Melakukan Praktek Pemanasan Air dan Mencatat Suhu
Tempatkan gelas berisi air di atas kaki tiga dan nyalakan spiritus. Catat suhu awal air, kemudian mulai stopwatch dan amati perubahan suhu setiap menit selama 10 menit. Ulangi percobaan untuk air dengan volume yang berbeda (40 ml dan 60 ml).
3. Menyusun Tabel dan Membuat Grafik
Buat tabel data untuk waktu (x) dan suhu air (y).
4. Menganalisis Data dan Menggambar Grafik Berdasarkan Tabel
Gambarkan grafik hubungan antara waktu (sumbu x) dan suhu (sumbu y) berdasarkan data dalam tabel.
5. Membuat Persamaan Garis dan Menentukan Gradiennya
Bimbing siswa untuk menentukan gradien (m) dan membuat persamaan garis y = mx + c.
6. Membuat Kesimpulan
Diskusikan hasil percobaan bersama siswa dan ajak mereka menganalisis prediksi suhu pada menit tertentu berdasarkan persamaan garis yang telah dibuat.
D. Contoh Tabel Data
Berikut ini adalah contoh tabel hasil pengamatan untuk percobaan volume 40 ml air:
Waktu (x) dalam menit | Suhu (y) dalam °C |
---|---|
0 | 25 |
1 | 30 |
2 | 34 |
3 | 38 |
4 | 41 |
5 | 44 |
6 | 47 |
7 | 50 |
8 | 52 |
9 | 55 |
10 | 57 |
E. Penutup
Siswa diberikan waktu untuk merangkum hasil pengamatan dan memahami penerapan fungsi linear dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam memprediksi perubahan suhu air saat dipanaskan.