Shalat Dhuha, Sebelum Beraktivitas

Gambar : Siswa Melaksanakan Shalat Dhuha
Pada hari ini, Kamis 24 Oktober 2024 , pelaksanaan shalat dhuha di SMPN 1 Anggeraja berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru sebagai bagian dari rutinitas pagi sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Shalat dhuha dilaksanakan di aula dan mesjid sekolah yang telah dipersiapkan sebagai tempat ibadah bersama, dengan mematuhi protokol kebersihan dan tata cara shalat berjamaah yang tertib.
Kegiatan shalat dhuha ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan beribadah kepada siswa, sekaligus memberikan ketenangan dan kedamaian hati sebelum memulai pelajaran. Pihak sekolah berharap, dengan melaksanakan shalat dhuha, siswa dapat lebih fokus, tenang, dan semangat dalam menghadapi pembelajaran di kelas. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya sekolah untuk meningkatkan karakter religius dan tanggung jawab spiritual pada siswa.
Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, dalam sambutannya sebelum pelaksanaan shalat dhuha, menyampaikan pentingnya menjaga hubungan dengan Tuhan melalui ibadah, terutama di waktu-waktu mustajab seperti dhuha. Beliau juga mengingatkan siswa bahwa kegiatan shalat dhuha ini bukan hanya rutinitas, tetapi juga sebagai bentuk penghambaan diri dan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan.
Setelah pelaksanaan shalat dhuha, siswa diarahkan untuk tetap berzikir dan berdoa selama beberapa menit sebelum menuju kelas masing-masing. Kegiatan zikir dan doa ini juga menjadi bagian dari program pembiasaan religius di SMPN 1 Anggeraja. Para siswa tampak khusyuk dan tertib selama proses ibadah berlangsung, menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam menjalani aktivitas spiritual ini.
Dengan adanya kegiatan shalat dhuha secara rutin di sekolah, diharapkan dapat memberikan dampak positif, tidak hanya dalam hal akademik tetapi juga dalam pembentukan karakter siswa yang lebih baik. SMPN 1 Anggeraja terus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mengedepankan keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan pengamalan nilai-nilai agama.